Berubah atau Punah

Monday, August 23, 2010

Sadarkah kita kalau kita perlahan-lahan sedang meninggalkan era industri dan bergerak menuju era informasi bahkan sebentar lagi dalam waktu yang sangat cepat kita juga akan meninggalkan era informasi, berpindah ke era konseptual?

Seperti orang tua kita yang hidup di era industri, memiliki keadaan dan tantangan yang berbeda dengan keadaan kita sekarang. Dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, mereka bekerja sebagai karyawan. Peluang sangat terbuka lebar, karena industri bermunculan di mana-mana sejak ditemukannya mesin uap di tahun 1942. Sekolah dan Universitas bermunculan, karena pada saat itu orang yang paling kaya adalah orang yang memiliki pendidikan tinggi. Modal yang besar menjadi penentu utama kesuksesan seseorang dalam memulai bisnis.

Berbeda dengan keadaan sekarang, era informasi dimulai sejak runtuhnya tembok Berlin di Jerman pada tahun 1989. Pendidikan tinggi bukanlah satu-satunya jalan meraih sukses. Kita bisa melihat Bill Gates dan Mark Zuckerberg (26 tahun) yang merupakan mahasiswa drop out telah menjadi orang paling kaya termuda di dunia dengan kekayaan lebih dari Rp. 10 trilyun. Hal ini hanya terjadi di era informasi, di mana setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan.

Kalau di era industri, cara meningkatkan kekayaan seseorang dengan melalui pendidikan yang tinggi, kuliah di universitas yang bagus, raih nilai yang tinggi, bekerja di perusahaan bagus, bekerja dengan baik untuk mendapatkan kenaikan gaji bahkan kejar posisi tertinggi. Berbeda dengan era informasi, orang dapat merubah nasibnya menjadi kaya dengan mengakses informasi sebanyak mungkin. Kemudian melalui informasi tersebut, ia dapat mengembangkan sebuah peluang usaha. Bahkan seseorang dapat meningkatkan penghasilannya dengan membangun jaringan usaha seluas-luasnya. Semakin luas jaringan usahanya, maka semakin besar penghasilannya, bahkan bisa mengalahkan orang yang pendidikannya jauh lebih tinggi.

Apakah pikiran Anda masih hidup di era industri, sementara Anda hidup di era informasi yang bahkan sebentar lagi akan bergeser ke era konseptual? Di era konseptual, orang yang berhasil adalah orang yang memiliki konsep yang unik, bahkan kadang agak “aneh”. Mungkin begitu juga menurut Anda system Tom Agency yang mampu bertahan 10 tahun lebih di era industri.

Siapa yang tidak bisa mengikuti kecepatan perubahan akan menjadi orang gagal. Pasti Anda tahu penyebab kenapa dinosaurus punah.

0 comments: